Widget HTML Atas

5 Cara Screenshot di Laptop Berbagai Merek

Iya, tak hanya smartphone, netbook yang umum kamu pakai untuk bekerja rupanya mempunyai feature tangkap monitor atau screenshot lo! Bahkan juga sebetulnya, feature ini sebagai salah satunya atribut dari mekanisme operasi netbook tersebut. Karena kedatangan feature screenshoot ini, kamu dapat semakin gampang tangkap file berbentuk apa saja untuk diarsipkan jadi pola photo . Maka, dapat semakin gampang untuk dipakai kembali.

Sebenarnya gampang, tetapi sedikit yang mengetahui bagaimanakah cara screenshot di netbook. Apa lagi, terkadang setiap merk atau mekanisme operasi punyai langkah yang berbeda. Tidak perlu cemas, bila kamu masih bimbang atau bahkan juga belum mengetahui benar-benar triknya, dapat baca pembahasan ini. Berikut ini ada 6 langkah yang dapat dicoba, dimulai dari langkah screenshot netbook win 7 sampai tangkap monitor untuk merk netbook tertentu.

1. Paling praktis yaitu langkah screenshot di netbook dengan memakai tombol ‘PrintScreen'


Umumnya, sistem ini dapat digunakan sebagai langkah screenshot di netbook Axio atau yang lain. Beberapa langkahnya juga gampang kok.


- Pertama, membuka halaman yang ingin kamu tangkap gambarnya. Selanjutnya pencet tombol ‘PrintScreen' atau ‘PrtScr' yang berada di atas kanan keyboard.


- Secara automatis, gambar akan disimpan di clipboard. Kemudian tinggal kamu paste saja, atau jika ingin disunting dapat membuka program Paint lalu pencet Ctrl+V untuk melekat hasil tangkap monitornya.


- Jika sudah disunting, tinggal taruh dengan masuk pada menu ‘File' lalu click ‘Save As'.


2. Kadang, ada banyak merk yang langkah screenshot-nya berlainan. Biasanya sich gunakan gabungan tombol keyboard


Kalau tidak sukses dengan ‘PrintScreen', kamu dapat mencoba langkah screenshot sama sesuai merk netbook. Tidak perlu kebingungan, beberapa ada yang sama kok sistemnya.


Langkah screenshot di netbook merk HP


- Membuka situs yang ingin diamankan monitornya, selanjutnya pencet tombol Alt+PrtSc.


- Hasil photo yang ada dalam clipboard langsung bisa kamu paste atau sunting dahulu memakai program Paint. Janganlah lupa diletakkan sesudahnya!


Langkah screenshot di netbook Asus


Ada dua gabungan keyboard yang dapat digunakan, yaitu Fn+PrtSc atau Alt+PrtSc. Ke-2 nya sama dapat tangkap monitor dan mengarsipkannya ke pola photo jpg.


Cara screenshot di laptop Toshiba


Tekan Fn dan PrtSc secara bertepatan untuk tangkap monitor dari situs yang kamu harapkan. Apabila sudah, paste ke program Paint dan sunting sama sesuai keperluan. Kamu dapat simpan gambar dalam beragam pola photo, seperti jpg atau png. FYI, sistem rupanya bisa juga dipakai sebagai langkah screenshot di netbook Lenovo lo!


Cara screenshot di netbook Compaq


Gunakan gabungan keyboard PrtSc+SysRq+Fn untuk tangkap monitor di netbook merk Compaq. Sama dengan yang lain, hasil screenshot akan disimpan di clipboard dan langsung bisa ditempel ke WhatsApp atau sunting dengan Paint.


3.Lalu, ada pula langkah screenshot di netbook Windows 10 atau lainnya. Walau berbeda Windows, umumnya triknya sama juga kok~


Pada intinya, langkah screenshot di Windows 7 atau yang lain dapat gunakan PrintScreen. Tetapi terkadang cara itu gagal. Nach, bila tidak berhasil, kamu dapat memakai alternative langkah berikut di bawah ini:


Gunakan gabungan keyboard Windows+PrtScn


Bila berhasil, umumnya monitor netbook akan beralih menjadi gelap sepanjang sesaat. Jika gunakan feature ini, kamu dapat ambil gambar netbook berturut-turut tak perlu menyimpan lewat cara manual.


Atau, juga bisa dengang tekan Windows+H


Cara ini dapat dipakai bila kamu ingin tangkap monitor sekalian membagikan pada orang lain. Karena, sesudah memencet tombol itu, kamu akan secara automatis buka Windows Sharing Toolbar yang dapat digunakan untuk mengirim file sekaligus.


Cara screenshot di netbook Windows, juga bisa dengan tekan Windows+Volume down


Biasanya, langkah ini biasa dipakai oleh mereka pemakai Microsoft Surface. Walau demikian, kamu masih tetap dapat coba, mungkin sukses di netbookmu. Tetapi pastikanlah kamu telah memakai mekanisme operasi Windows terkini, ya!


Tekan Windows+Shift+S secara bertepatan agar kamu dapat aktifkan program bawaan Windows untuk screenshot di netbookmu


Kombinasi keyboard itu akan secara automatis buka program bawaan Windows, yaitu Snip dan Sketch. Sesudah didesak, monitor akan beralih menjadi keabuan dan cursor tukar jadi icon ‘+'. Nach, jika sudah ini, tinggal tentukan tempat yang mana ingin di-screenshot. Sesudah sukses, pada bagian bawah netbook akan ada hasil screenshot-nya. Bila di-click, kamu akan dibawa ke jendela Snip dan Sketch di mana dapat lakukan penyuntingan. Jika sudah oke, hanya click icon ‘Save' yang berada di atas kanan monitor netbook.


4. Ada juga langkah dengan memakai program namanya Snipping Tools


Keunggulan aplikasi Snipping Tools ini adalah kamu dapat atur lebar monitor yang ingin di-screenshot kelak . Maka, hasilnya tidak perlu kamu potong kembali sebab bisa tidak full monitornya. Langkah gunakan program ini mudah kok, asal kamu telah mengambilnya lebih dahulu.


- Sesudah terunduh, membuka situs yang ingin kamu screenshot selanjutnya pencet tombol Windows lalu mencari Snipping Tool.


- Sesudah jendela Snipping Tool diperlihatkan, tentukan ‘New' untuk tangkap monitornya.


- Tentukan tempat yang ingin diambil. Umumnya, diikuti dengan border tipis warna merah.


- Tidak lama, kamu dapat menyaksikan preview hasil screenshot. Untuk simpan, kamu tinggal tentukan ‘File' lalu click ‘Save As'.


5. Selain Snipping Tools, kamu dapat memakai program PhotoScape untuk screenshot monitor di netbook


Selain dipakai untuk mengubah photo, PhotoScape bisa juga digunakan untuk screnshot monitor di netbook dengan berikut ini:


- Pilih halaman yang ingin di-screenshot selanjutnya membuka program PhotoScape lalu click icon ‘Screen Capture'.


- PhotoScape akan munculkan beberapa diskusi, seperti Tangkap Utuh Satu Monitor, Tangkap Jendela, Tangkap Tempat dan Mengulang-ulang Tangkapan Paling akhir.


- Tentukan opsimu lalu saksikan hasil screenshot akan diperlihatkan di program. Apabila sudah tinggal sunting sesenang hati, lalu click ‘Save' untuk simpan.


Itu dia 5 langkah yang dapat kamu kerjakan untuk screenshot di netbook. Bagaimana, mudah bukan triknya? Tenang, kamu yang gagap teknologi juga tidak akan kebingungan kembali, karena ada beberapa triknya. Dapat gunakan gabungan tombol keyboard atau program. Tinggal tentukan dech yang mana paling kamu mengerti dan paham. Selamat mencoba!


Baca Juga : Perlunya Detoks Gadget untuk Mengurangi Kecanduan Gadget