Widget HTML Atas

5 Skill Dasar Otomotif yang Harus Diketahui oleh para Cowok.


Sebagai seorang cowok, sebaiknya kamu mempunyai sedikit knowledge base yang terkait dengan otomotif atau kendaraan yang kamu pakai. Walau terlihat sepele, dengan mempunyai kemampuan dasar otomotif, minimal kamu dapat menangani sebuah kerusakan enteng pada kendaraan kamu sambal menanti bantuan, atau sekurangnya kamu dapat buat kendaraan kamu jalan sampai bengkel paling dekat!


Belum lagi kemampuan ini sebetulnya bisa juga digunakan sebagai langkah untuk PDKT ke cewek-cewek yang menyukai otomotif, atau jika kamu ingin mulia sedikit, kamu dapat menolong pengendara yang lain berhenti di jalan. Kamu tidak harus dapat bongkar-pasang mesin kok, cukup kuasai 7 hal yang berada di daftar ini, siapa yang tahu dapat membantu kamu sehari kelak!


1. Tahu lokasi busi dan seharusnya ketahui langkah mengecek keadaan busi kendaraan


Anak Vespa klasik umumnya paling memahami nih permasalahan per-busi-an! Busi atau spark socket adalah elemen yang membuat mesin kamu dapat hidup, recikan api di busi akan menyulut bensin dalam mesin hingga membuat mobil/motor kamu dapat hidup mesinnya. Busi ini adalah terdakwa khusus yang penting kamu mencuriga jika mobil atau motor kamu tidak mau hidup.


Untuk kamu cowok-cowok yang membawa mobil kekinian kelihatannya kamu tidak akan bertemu sama persoalan dengan busi. Tetapi untuk kamu yang membawa kendaraan classic atau motor, pastikanlah kamu tahu letak busi berada di samping mana. Bila mesin mati, coba lepas busi, selanjutnya kenakan kabelnya dan lekatkan busi itu pada permukaan besi sekalian kamu starter motor/mobil kamu, jika kelihatan recikan api memiliki arti busi kamu aman, tetapi jika tidak ada, itu pertanda kamu harus tukar busi.


2. Mungkin sepele, tetapi minimal sebagai cowok kamu harus dapat menukar ban motor atau mobil kamu sendiri


Mengganti ban apa lagi ban mobil, memerlukan ketrampilan dan pengetahuan tertentu lo! Mengangkat mobil tidak dapat dilaksanakan secara asal, umumnya setiap mobil punyai beberapa spot khusus untuk menempatkan dongkel pada bagian bawah untuk mengusung mobil, coba mencari beberapa spot yang umumnya diikuti dengan wujud yang meliuk seperti mangkok ini.


Selain itu lihat kunci ban yang berada di mobil kamu, apa ukuran pas dengan baut yang berada di ban dan ban cadangan kamu? Bagusnya sich menyiapkan kunci ban sama ukuran lebih satu untuk mengantisipasi. Pengetahuan ini adalah pengetahuan otomotif dasar yang seharusnya dijumpai oleh beberapa cowok, meskipun kamu tidak membawa mobil sekalinya! Minimal kamu dapat bantuin cewek yang kesulitan di jalan karena bannya pecah.


3. Selain dapat tukar ban, sebaiknya kamu ketahui letak ban cadangan


Nah, ini ialah lanjutan dari point awalnya. Sebaiknya jika kamu punyai mobil, kamu ketahui di mana letak ban cadangan yang berada di mobilmu. Dengan demikian, bila banmu pecah, kamu bisa menukar ban yang memiliki masalah dengan ban cadangan dan bawa mobilmu ke arah tempat aman, minimum jika kamu pecah ban di jalan tol, kamu bisa pulang dahulu dech.


Pada mobil sedan, ban cadangan umumnya berada pada bagian bagasi, terselinap di bawah karpet bagasi. Untuk mobil MPV, SUV, atau city car kekinian, ban cadangan umumnya berada di bawah kursi barisan belakang. Beberapa mobil tempatkan ban cadangannya pada bagian bawah, tetapi sistem ini mulai jarang-jarang diketemukan pada mobil kekinian karena ribet dalam memasangkan dan melepas ban cadangannya.


4. Selanjutnya, ada baiknya kamu dapat mengecek keadaan accu dan tahu bagaimanakah cara memeriksa keadaan accu


Selain busi, salah satunya pemicu motor atau mobil tidak mau hidup ialah accu atau battery mobil yang telah kurang kuat. Battery ini digunakan sebagai fasilitas untuk menghidupkan starter mesin motor atau mobil . Maka jika motor atau mobil kamu mati dengan kondisi kunci contact terputar tapi tidak ada suara mesin mengeluarkan bunyi, dapat ditegaskan pemicunya ialah accu yang habis.


Selain itu langkah simpel untuk mengecek accu yang habis dengan memperhatikan dasbor yang berada di mobil. Umumnya dasbor digital pada suatu mobil atau motor tidak akan berpijar bila accu mobil/motor habis karena tidak ada sumber tenaga . Maka yakinkan check keadaan accu motor atau mobil kamu secara periodik. Triknya gampang kok! Umumnya pada tiap accu mobil/motor ada lubang tanda yang dapat kamu lihat dan grafik penjelasannya untuk ketahui keadaan accu yang kamu punyai!


5. Mobil atau motor itu kaya kekasih, coba ketahui kode-kode, bunyi-bunyi, dan getaran gaib yang memperlihatkan keadaannya, apa ia perlu perhatian dan harus ke bengkel atau tidak


Yang terakhir, kamu harus memahami bunyi-bunyian aneh yang dikeluarkan oleh tunggangan kamu. Jika kamu berasa ada bunyi yang tidak semestinya seharusnya cepat kontrol kendaraan kamu ke bengkel. Buntu-bunyi ini dapat bermacam-macam, dimulai dari bentrokan besi yang berulang-ulang, decitan seperti tikus, sampai plastik yang bersinggungan keduanya.


Selain itu lihat pertanda lain seperti getaran saat menyetir sebuah mobil atau knalpot yang keluarkan asap berlebihan dan bau menusuk. Beberapa hal itu dapat mengisyaratkan jika mobil kamu mengalami permasalahan dan perlu lawatan ke bengkel secepat-cepatnya agar kerusakannya tidak makin kronis dan merambat ke elemen lain.


Semoga panduan dan pengetahuan di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya. Selalu check kendaraan kamu secara periodik dan periksalah kelengkapan dan persiapan kendaraan kamu bila ingin pergi jauh. Mudah-mudahan bisa membantu, ya!


Baca Juga : 5 Tipikal Pengendara Mobil di Indonesia yang Selalu Menguji Emosi Saat di Jalanan