Widget HTML Atas

Mengatasi Kecanduan Bermain Gadget di Masa Pandemi


Di masa wabah ini lebih banyak dari kita yang kerja di rumah. Untuk siswa dan mahasiswa belajar dari rumah. Karena belajar dari rumah, waktu senggang yang ada itu jadi lebih banyak dan umumnya kita kebingungan ingin lakukan apa. Lalu kita cenderung pilih bermain handphone sepanjang beberapa jam sampai kemungkinan lupa waktu.

Jaman saat ini perubahan tehnologi memanglah tidak dapat disangkal, handphone makin hebat dan itu membuat kita kerasan lama-lama menatapnya. Saat ini manusia dan handphone seperti rekan yang tidak bisa dipisah.


Misalnya saja saat bangun tidur kita telah ambil handphone untuk menyaksikan pesan masuk atau buka instagram. Makan juga sekalian bermain handphone. Nach ini kali saya akan mengulas langkah untuk menangani ketagihan bermain handphone. Yok langsung.


1. Matikan Notifikasi


Cara pertama yakni matikan pemberitahuan. Kita dapat ke penataan pemberitahuan di handphone kita. Tentukan matikan pemberitahuan program yang mengusik. Seperti WhatsApp, Instagram, Line dan yang lain.


Dengan mematikan pemberitahuan kita dapat semakin konsentrasi saat lakukan aktivitas. Tidak terus-terusan memeriksa ponsel karena ada pemberitahuan lampu kelip-kelip berpijar pertanda ada pesan masuk atau pemberitahuan yang lain.


2. Batasi Pemakaian Gadget Dengan Aplikasi


Kita tentu kerap lupa waktu ketika bermain handphone atau ponsel, hingga waktu kita kebuang percuma cukup dengan menyesroll sosial media yang tidak ada selesainya. Nach kita dapat melalukan langkah ini.


Dengan memasangkan sirene berapakah jam kita akan bermain ponsel. Atau mungkin dengan program yang berada di playstore menelusurinya dengan keyword program pemisah bermain ponsel.


3. Menyibukkan Diri Atau Melakukan Hobi


Dengan menyibukkan diri, seperti beraktivitas dan beberapa kegiatan yang kita gemari. Itu bisa membuat kita lupa dengan handphone yang kita punyai. Karena kita telah suka dengan kegiatan atau hoby kita waktu itu, hingga waktu untuk bermain ponsel automatis akan menyusut banyak.


Maka dari itu, untuk isi waktu senggang kita dapat lakukan hoby. Kita bisa juga olahraga sekurang-kurangnya 15 menit dalam satu hari. Mengolah, membaca buku, atau cari beberapa kegiatan yang lain tidak pernah kita kerjakan, dan tentunya memiliki faedah untuk kita.


4. Jauhkan Gadget Saat Sedang Belajar


Untuk bisa berkosentrasi secara baik, kita harus menghindari handphone saat belajar. Misalkan kita belajar dalam kamar, kita dapat simpan handphone kita di kamar orangtua, di meja makan atau di mana juga yang jauh dari capaian kita. Hingga kita dapat lupa dengan handphone dan akan konsentrasi saat belajar.


5. Jangan Play Lagu Lewat Handphone Saat Belajar Atau Kerja


Jika kita ingin putar lagu saat belajar atau kerja, tidak boleh putar lagu dari ponsel. Kita dapat putar lagu dari netbook yang kita punyai.


Atau dapat putar lagu yang kita taruh di flashdisk lalu kita putar lewat sound yang telah diperlengkapi feature untuk tancapan flashdisk.


Baca Juga : Menjaga Kesehatan Mental dengan Dopamine Detox Bagi Kamu Yang Sering Main HP


6. Atur Agenda Sehari-harinya


Dengan atur agenda sehari-harinya, kita dapat mengetahui aktivitas apa yang hendak kita kerjakan. Dan hidup kita dapat semakin teratur. Kita dapat atur agenda untuk bermain handphone berapakah jam dalam satu hari.


Di jadwal itu kita dapat membuat ketentuan untuk kita mematuhi agenda yang telah dibikin. Bila kita dapat mematuhi agenda, kita dapat memberikan hadiah untuk diri sendiri. Agar kita dapat suka karena ada agenda yang kita bikin.


7. Mulai Berpikir Imbas Jelek Terlampau Lama Bermain Handphone


Selain menghabiskan waktu percuma ketika bermain handphone dalam waktu yang lama, handphone memberikan imbas jelek untuk kesehatan kita.


Tubuh jadi cepat capek, mata jadi perih dan hancur yang membuat pandangan tidak sebaik dahulu. Saat ini juga banyak anak muda yang alami kerusakan mata seperti mata minus. Tubuh jadi pegal-pegal mungkin karena beberapa dari kita bermain handphone sekalian tiduran, hingga tubuh kita sedikit gerak.


Pastinya kita tidak ingin badan kita sakit. Kita sayang dengan kita, karena itu mulai saat ini kurangilah bermain handphone dan melakukan hal yang berguna.


Nah itu semua langkah yang bisa saya beri untuk menangani ketagihan bermain handphone. Semua kembali ke diri sendiri, bila niat dan usaha kita telah imbang tentu ketagihan bermain handphone bisa terselesaikan.


Maka kerjakan hal yang berguna untuk kita, rutinitas yang kita kerjakan masa kini tentu punya pengaruh dengan masa datang kita.


Baca Juga : Perlunya Detoks Gadget untuk Mengurangi Kecanduan Gadget