Widget HTML Atas

Perlunya Detoks Gadget untuk Mengurangi Kecanduan Gadget

Teknologi memang menjadi sisi dari kehidupan kita. Rasanya sebagian besar aktivitas setiap hari tidak terlepas dari kontribusi tehnologi, dimulai dari bekerja, tukar info, berbicara, berbisnis, panggil transportasi, sampai mendapat selingan. Apa lagi semenjak wabah Covid-19, warga sering lakukan semua tugas dari rumah (Work From Home), hingga seringkali warga menjadi lebih dekat sama piranti tehnologi, khususnya handphone.

Kebiasaan memakai handphone yang terlalu berlebih pasti berpengaruh jelek untuk kesehatan. Untuk mengontrol rutinitas itu, kamu membutuhkan yang bernama detoks. Lantas, apa beberapa tips detoks handphone yang dapat kamu aplikasikan sepanjang di dalam rumah? Silahkan kita baca ulasan berikut ini:


1. Matikan notifikasi


Pertama, dimulai dari mematikan pemberitahuan untuk program yang tidak penting, seperti sosial media. Kamu kemungkinan berasa cemas jika kelak ada seorang yang ingin sampaikan poin utama atau genting.


Seharusnya, beberapa hal penting atau genting tidak dikatakan lewat DM atau pesan singkat di sosial media yang lain. Mereka langsung akan meneleponmu bila ada beberapa hal penting.


Jika kamu menonaktifkan pemberitahuan dari semua program yang tidak penting, kamu semakin lebih jarang-jarang mengecek handphone serta lebih nikmati waktumu.


2. Jangan langsung mengecek smartphone saat bangun tidur


Salah satu rutinitas yang dipunyai banyak orang ialah langsung memeriksa handphone mereka pas sesudah mereka bangun tidur. Apa kamu mempunyai rutinitas ini? Walau sebenarnya rutinitas semacam ini tidak bagus untuk otak kita, loh. Karena sesudah bangun tidur, otak kita memakan waktu minimal 30 menit agar bisa mengolah info. Menjadi lebih baik bila kamu memberi interval rekondisi dalam otak sekitar 1-2 jam sesudah bangun tidur, yah.


3. Gunakan handphone cuman untuk maksud tertentu


Seringkali tangan kita tidak dapat meredam bujukan untuk ambil handphone ketika kita jemu bahkan juga ketika kita melakukan kegiatan lain, seperti bekerja, rapat, makan, mengobrol, dan jalanan.


Padahal sebenarnya kita tidak punyai alasan khusus untuk mengecek handphone di saat itu. Bila tidak ada alasan khusus, karena itu seharusnya taruh saja handphone-mu dan cicipilah apa yang kamu kerjakan.


4. Hapus aplikasi yang tak perlu


Dari semua program yang aktif di handphone kamu, seberapa banyak yang betul-betul penting? Jika kamu mempunyai kebanyakan program di handphone, karena itu pisahkanlah program yang mana termasuk "penting" dan yang "tidak penting". Lantas hapuslah program yang termasuk "tidak penting". Saat handphone kamu tidak banyak memiliki program, saat yang kamu habiskan untuk memeriksa handphone akan menyusut.


5. Berolahraga


Olahraga bukan hanya menghindari kamu dari monitor atau monitor handphone, tapi juga membuat kamu berasa lebih bagus secara fisik dan psikis. Hal tersebut dikarenakan oleh sepanjang olahraga, badan akan melepas hormon endorfin yang bermanfaat untuk hilangkan depresi, kekhawatiran, dan merasa sakit.


Karena itu, olahraga dapat tingkatkan pola hidup dan kesehatan kamu. Apa lagi bila kamu olahraga di luar ruang, kamu bisa rasakan faedahnya untuk badan dan otak , loh.


6. Melukis


Selain tingkatkan kreasi, melukis dapat kurangi depresi hingga sanggup kurangi resiko terserang penyakit mental. Lantas bagaimana bila kamu berasa tidak pintar melukis atau mungkin tidak pernah melukis benar-benar? Tenang saja, kamu bisa coba tehnik melukis dengan angka atau kerap disebutkan paint by numbers. Tehnik melukis ini benar-benar gampang dipakai dan dapat dipakai oleh semua usia. Dengan tehnik melukis ini, kamu yang belum pernah melukis dapat hasilkan lukisan seperti seorang pro! Berminat untuk coba?


7. Menghabiskan waktu dengan keluarga


Menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dapat dilaksanakan dimulai dari bercakap-cakap, bercocok tanam bersama, mengolah bersama, makan bersama sampai bermain board games hebat. Biasanya habiskan waktu dengan keluarga akan membuat hubunganmu makin kuat dan solid dalam sekeluarga. Dan ingat, saat habiskan waktu dengan keluarga, tempatkan handphone kamu dan cicipilah aktivitas yang kamu kerjakan dengan keluargamu.


Itulah tips-tips lakukan detoks handphone yang dapat kamu coba sepanjang di dalam rumah saja. Mana dari beberapa tips di atas yang terbaik untukmu?